Ads by Google

PageRank Google : Know How It's Works

Definisi
PageRank adalah algoritma yang dipatenkan oleh Google. PageRank atau biasa disebut PR ini berfungsi untuk menentukan mana situs yang penting atau populer. PR sendiri merupakan fitur utama Google dalam membangun Mesin pencarinya.

Cara Kerja
Sebuah situs, akan menjadi lebih populer jika banyak situs lain yang mencantumkan link situs tersebut. Dengan begitu, situs tersebut dianggap lebih memiliki guna dibanding situs lain. PageRank memiliki skala 1-10.


Konsep
PageRank memiliki konsep yang sama dengan LinkPopularity. Namun tidak hanya memperhatikan jumlah inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman dianggap penting bila banyak situs lain memiliki link ke halaman situs tersebut. Sebuah halaman juga dianggap penting apabila halaman tersebut memiliki backlink dari halaman ber-PR tinggi.

Algoritma PageRank
Bagaimana algoritma PageRank disusun?
Well...
Dari konsep diatas. Algoritma yang dibuat seperti ini:
 PR(A) = (1-d) / N + d (PR(T1)/C(T1) + … + PR(Tn)/C(Tn))
  • PR(A) = pagerank halaman A
  • PR(T1) = Pagerank Halaman T1 yang mengarah ke A
  • C(T1)= Jumlah Outbound Link halaman T1
  • d= Damping factor nilai bisa 0 dan 1
  • N= Jumlah keseluruhan halaman yang terindex google
dari rumusan di atas, dapat disimpulkan bahwa PageRank ditentukan berdasarkan Rank halaman. Bukan keseluruhan situs Anda. Sebuah situs mendapatkan pagerank bnerdasarkan PageRank situs lain yang mengarah kepada halaman tersebut. Dan proses ini bersifat kontinu hingga mendaoatkan hasil tepat. Namun pgerank halaman A tidak langsung diberikan pada halaman yang dituju. Akan tetapi dibagi terlebih dahulu dengan jumlah link keluar yang ada pada halaman T1. Demikian pula setiap halaman lain dalam TN. Pagerank T1 juga akan dibagi rata.
Setalah pagerank dari halaman yang mengacu kepada A dijumlahkan, nilai tersebut kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai 0 atau 1. hal ini untuk memastikan pagerank halaman T1 didistribusikan secara adil ke halaman A. 
Bersambung. hehehehe

Source: here and here

No comments:

Powered by Blogger.