Ads by Google

(5) Lima Distro Terbaik Untuk Pemula Linux

Berikut Lima Distro Terbaik Untuk Pemula Linux anjuran zone linuxer. Pemilihan Lima Distro Terbaik Untuk Pemula ini didasarkan ranking distro populer di DistroWatch. Selamat memilih distro terbaik Anda!

First Place: Linux Mint (http://linuxmint.com/)

    OS Type: Linux
    Based on: Debian, Ubuntu
    Origin: Ireland
    Architecture: i386, x86_64
    Desktop: Cinnamon, GNOME, KDE, MATE, Xfce
    Category: Beginners, Desktop, Live Medium
    Status: Active
    Popularity: 1 (3,302 hits per day)

Distro linux terbaik versi Distrowatch
ini memberikan user interface yang mudah, menawan dan menyenangkan! Dengan aplikasi yang cenderung lebih lengkap dari induknya, Ubuntu. Linux mint disebut Distro Watch sebagai distro linux yang memberikan kenyamanan Out of The Box dengan fitur lengkap seperti codec multimedia, plugin browser yang siap pakai, aplikasi konfigurasi dan tweaking yang mudah digunakan. Karena Linux Mint merupakan distro linux berbasis Ubuntu, maka pengupdate-an software dan aplikasi linux mint dapat menggunakan repositori milik ubuntu baik repo lokal Indonesia maupun repo luar negeri yang memiliki kecepatan maksimal untuk kenyamanan Anda.

Second Place
Debian

OS Type: Linux
Based on: Independent
Origin: Global
Architecture: armel, armhf, i386, ia64, mips, mipsel, powerpc, s390, s390x, sparc, x86_64
Desktop: AfterStep, Awesome, Blackbox, Fluxbox, GNOME, IceWM, KDE, LXDE, Openbox, WMaker, Xfce
Category: Desktop, Live Medium, Server
Status: Active
Popularity: 2 (1,971 hits per day)

Debian merupakan "Ibunda" distro linux yang nyaman bagi pemula. Mengapa? Karena berbagai distro linux populer banyak berbasis Debian termasuk Ubuntu dan bahkan distro pentest yang sedang naik daun, Kali Linux. Debian banyak digunakan karena aplikasi-nya yang beragam dan kemudahan instalasi lebih dari 200.000 aplikasi yang tersedia dari distro ini. Aplikasi yang tersedia mulai dari aplikasi Office seperti OpenOffice.Org sampai LibreOffice bahkan aplikasi game yang dapat Anda nikmati untuk mengisi waktu luang.

Third Place
Ubuntu

OS Type: Linux
Based on: Debian, Ubuntu
Origin: Isle of Man
Architecture: armhf, i686, powerpc, x86_64
Desktop: Unity
Category: Beginners, Desktop, Server, Live Medium, Netbooks
Status: Active
Popularity: 3 (1,893 hits per day)

Ubuntu adalah sistem operasi berbasis debian yang komplit! Dengan dukungan komunitas besar dan para profesional yang siap membantu Anda saat menemui kesulitan dalam penggunaan distro Ubuntu. Selain kemudahan penggunaannya, Ubuntu memiliki kelebihan lain yaitu kemudahan mendapatkan bantuan (troubleshooting), instalasi dan update aplikasi serta kemudahan dan kebebasasan dalam mengkustomisasi aplikasi dalam Ubuntu. Ubuntu sendiri merupakan kalimat dari bahasa afrika kuno yang berarti " Manusiawi" sesuai dengan kemudahan yang akan pemula linux dapat saat memakai distro ini.

Fourth Place

Mageia (http://mageia.org/en/downloads/)

OS Type: Linux
Based on: Independent (originally forked from Mandriva)
Origin: France
Architecture: i586, x86_64
Desktop: GNOME, IceWM, KDE, LXDE, Openbox, Razor-qt, WMaker, Xfce
Category: Desktop, Live Medium, Server
Status: Active
Popularity: 4 (1,568 hits per day)

Mageia merupakan "fork" atau pengembangan dari distro yang sempat populer, Mandriva. Mageia adalah distro linux terbaik ke-4 versi DistroWatch yang berasal dari Prancis. Kelebihan distro Mageia seperti yang dikutip Zone Linuxer dari http://mageia.org adalah: Keudahan penggunaan, ratusan aplikasi siap pakai dengan banyak produsen yang siap membantu, and.. "You can be part of it"

No comments:

Powered by Blogger.